TM 3 RPP Hukum Pascal (Model Inkuiri) Kurikulum 2013

RPP Hukum Pascal (Model Inkuiri) Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PENERAPAN HUKUM HOOKE DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Satuan Pendidikan    : SMA
Mata Pelajaran          : FISIKA
Materi Pokok             : Hukum Pascal
Waktu                                    : 1 X 30 menit
Kelas/Semester          : XI/II
1.      Kompetensi Inti
KI.1Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
1.      Kompetensi Dasar
·         Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
·         Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7  Menerapkan prinsip fluida statis dalam teknologi
4.7  Memodifikasi ide/gagasan proyek sederhana yang menerapkan prinsip Hukum Hooke.
1.      Tujuan Pembelajaran
2.      Siswa mampu mengungkapkan masalah dan menjawab sebuah hipotesis masalah tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik).
3.      Siswa mampu menguji hipotesis pada sebuah percobaan yang mampu menjawab permasalan yang ada pada percobaan tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik).
4.      Siswa mampu berdiskusi tentang hasil percobaan tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik).
5.      Siswa mampu menyebutkan variabel apa saja yang terdapat pada percobaan
6.      Siswa mampu menghubungkan semua variabel yang ada pada percobaan
7.      Siswa mampu menyimpulkan dan menjelaskan peristiwa yang terjadi pada percobaan
8.      Siswa mampu membuat sebuah produk berupa ide/gagasan dari hasil percobaan seperti desain Pompa Hidrolik atau proyek sederhana lainnya
1.      Pendekatan
Model                : Inkuiri
Metode              : Ceramah, Eksperimen dan diskusi

1.      Sumber Pembelajaran
·         Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas XI (2)
·         Buku FISIKA SMU Marthen Kanginan Kelas X
1.      Materi Essensial
·         Hukum Pascal
1.      Kegiatan Pembelajaran
2.      Kegiatan Pendahuluan (± 5 menit)
3.      Mengucapkan salam pembuka
4.      Guru memeriksa kehadiran siswa
5.      Kegiatan Inti (± 20 menit)
Fase 1: Penyajian pertanyaan/permasalahan
1.      Menyajikan sebuah masalah tentang produk yang menggunakan penerapan Hukum Pascal (apakah Kalian pernah melihat orang mengganti ban mobil, Alat apa yang digunakan untuk mengganti ban yang lepas tersebut?) untuk memancing siswa menemukan perkiraan variabel pada pelajaran.
2.      Memberikan pertanyaan lain kepada masing-masing siswa untuk membuat hipotesis tentang Hukum Pascal dari masalah dasar mengenai Hukum Pascal (meremas air dalam plastik) Memberikan pertanyaan kepada masing-masing siswa untuk perkiraan tentang apa yang terjadi pada air tersebut.
3.      Meminta siswa untuk merumuskan masalah kemudian menjawab hipotesis secara individu.
4.      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang setiap kelompok.
Fase 2 : Membuat hipotesis kelompok Meminta siswa berdiskusi dan merumuskan masalah kemudian mengumpulkan hipotesis kelompok dan hipotesis individu yang telah mereka jawab kedepan kelas.
Fase 3 : Menguji hipotesis dan mengumpulkan data atau informasi
1.      Menyiapkan peralatan/perangkat pembelajaran (Lembar Kerja Siswa (LKS), alat dan bahan percobaan)
2.      Membimbing siswa dalam kelompok untuk menguji hipotesis dan mengumpulkan data atau informasi.
Fase 4 : Analisis data
1.      Membimbing siswa untuk berdiskusi dan menganalisis data informasi dari hasil percobaan tentang Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik)
2.      Meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil LKS
Fase 5 : Membuat kesimpulan
1.      Membimbing siswa dalam membuat kesimpulan tentang Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik)
2.      Membimbing siswa membuat atau mengaplikasikan hasil percobaan
3.      Kegiatan Penutup (±5 menit)
4.      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang baik
5.      Menutup pelajaran dan mengucapkan salam penutup.
6.      Penilaian Hasil Belajar
a.       Teknik Penilaian
·         Tes Tertulis
·         Laporan hasil praktikum
·         Pengamatan aktivitas siswa
1.      Bentuk Instrumen
·         Tertulis
·         Laporan praktikum
·         Lembar pengamatan aktivitas siswa
1.      Lampiran
·         LKS
·         Lembar Pengamatan aktivitas siswa
1.      Pertanyaan Hipotesis:
2.      Apakah air memancar keluar dari semua lubang yang kamu buat?
3.      Bagaimanakah kekuatan pancaran air? (sama kuat atau tidak)
4.      Apakah ketinggian dan volume air mempengaruhi jarak pancuran air tersebut?

Mengetahui
Dosen Pembimbing
SUHARTONO, M.Pd., Si.
NIP.19810305 2006041 008
Palangka Raya,   Maret 2015
Guru Mata Pelajaran
AGUS KURNIAWAN
NIM. 120 113 0261

Komentar

Postingan Populer