TM 3 RPP Hukum Pascal (Model Inkuiri) Kurikulum 2013
RPP Hukum Pascal (Model Inkuiri) Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PENERAPAN HUKUM HOOKE DALAM
KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran
: FISIKA
Materi Pokok : Hukum Pascal
Waktu : 1 X 30 menit
Kelas/Semester : XI/II
1. Kompetensi Inti
KI.1Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI.2 Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
1. Kompetensi Dasar
·
Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
·
Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda
tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
3.7 Menerapkan prinsip fluida statis dalam
teknologi
4.7 Memodifikasi ide/gagasan proyek sederhana
yang menerapkan prinsip Hukum Hooke.
1. Tujuan Pembelajaran
2. Siswa mampu mengungkapkan masalah
dan menjawab sebuah hipotesis masalah tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas
air dalam plastik).
3. Siswa mampu menguji hipotesis pada
sebuah percobaan yang mampu menjawab permasalan yang ada pada percobaan tentang
penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik).
4. Siswa mampu berdiskusi tentang hasil
percobaan tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik).
5. Siswa mampu menyebutkan variabel apa
saja yang terdapat pada percobaan
6. Siswa mampu menghubungkan semua
variabel yang ada pada percobaan
7. Siswa mampu menyimpulkan dan
menjelaskan peristiwa yang terjadi pada percobaan
8. Siswa mampu membuat sebuah produk
berupa ide/gagasan dari hasil percobaan seperti desain Pompa Hidrolik atau
proyek sederhana lainnya
1. Pendekatan
Model
: Inkuiri
Metode
: Ceramah, Eksperimen dan diskusi
1. Sumber Pembelajaran
·
Buku FISIKA
SMA Marthen Kanginan Kelas XI (2)
·
Buku FISIKA
SMU Marthen Kanginan Kelas X
1. Materi Essensial
·
Hukum Pascal
1. Kegiatan Pembelajaran
2. Kegiatan Pendahuluan (± 5
menit)
3. Mengucapkan salam pembuka
4. Guru memeriksa kehadiran siswa
5. Kegiatan Inti (± 20 menit)
Fase 1: Penyajian pertanyaan/permasalahan
1. Menyajikan sebuah masalah tentang
produk yang menggunakan penerapan Hukum Pascal (apakah Kalian pernah melihat
orang mengganti ban mobil, Alat apa yang digunakan untuk mengganti ban yang
lepas tersebut?) untuk memancing siswa menemukan perkiraan variabel pada
pelajaran.
2. Memberikan pertanyaan lain kepada
masing-masing siswa untuk membuat hipotesis tentang Hukum Pascal dari masalah
dasar mengenai Hukum Pascal (meremas air dalam plastik) Memberikan pertanyaan
kepada masing-masing siswa untuk perkiraan tentang apa yang terjadi pada air
tersebut.
3. Meminta siswa untuk merumuskan
masalah kemudian menjawab hipotesis secara individu.
4. Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok yang terdiri dari 4-5 orang setiap kelompok.
Fase 2 : Membuat hipotesis kelompok Meminta
siswa berdiskusi dan merumuskan masalah kemudian mengumpulkan hipotesis
kelompok dan hipotesis individu yang telah mereka jawab kedepan kelas.
Fase 3 : Menguji hipotesis dan mengumpulkan
data atau informasi
1. Menyiapkan peralatan/perangkat
pembelajaran (Lembar Kerja Siswa (LKS), alat dan bahan percobaan)
2. Membimbing siswa dalam kelompok
untuk menguji hipotesis dan mengumpulkan data atau informasi.
Fase 4 : Analisis data
1. Membimbing siswa untuk berdiskusi
dan menganalisis data informasi dari hasil percobaan tentang Hukum Pascal
(Meremas air dalam plastik)
2. Meminta perwakilan kelompok untuk
mempresentasikan hasil LKS
Fase 5 : Membuat kesimpulan
1. Membimbing siswa dalam membuat
kesimpulan tentang Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik)
2. Membimbing siswa membuat atau
mengaplikasikan hasil percobaan
3. Kegiatan Penutup (±5 menit)
4. Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang baik
5. Menutup pelajaran dan mengucapkan
salam penutup.
6. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
·
Tes Tertulis
·
Laporan
hasil praktikum
·
Pengamatan
aktivitas siswa
1. Bentuk Instrumen
·
Tertulis
·
Laporan
praktikum
·
Lembar
pengamatan aktivitas siswa
1. Lampiran
·
LKS
·
Lembar
Pengamatan aktivitas siswa
1. Pertanyaan Hipotesis:
2. Apakah air memancar keluar dari
semua lubang yang kamu buat?
3. Bagaimanakah kekuatan pancaran air?
(sama kuat atau tidak)
4. Apakah ketinggian dan volume air
mempengaruhi jarak pancuran air tersebut?
Mengetahui
Dosen Pembimbing
SUHARTONO, M.Pd., Si.
NIP.19810305 2006041 008
|
Palangka
Raya, Maret 2015
Guru Mata Pelajaran
AGUS KURNIAWAN
NIM. 120 113 0261
|
Komentar
Posting Komentar