TM 2 SBM:PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING
Model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa dituntut
aktif untuk berpikir, menemukan masalah dengan penalaran, serta membangun
pengetahuan sendiri, dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa akan
mendapatkan pengetahuan dengan caranya sendiri berdasarkan bimbingan dari guru,
sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa akan lebih tertanam di pikiran dan
akan lebih diingat oleh siswa. Melalui aktivitas-aktivitas ilmiah tersebut akan
memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk mencari dan menemukan
sendiri fakta, konsep, dan prinsip melalui pengalamannya secara langsung
sehingga proses pembelajaran menjadi lebih optimal. Model pembelajaran inkuiri terbimbing juga
menyediakan waktu bagi siswa untuk memperoleh pengalaman belajar langsung.Suryosubroto (2002), menyatakan ada beberapa kelebihan pembelajaran
inkuiri antara lain; membantu siswa mengembangkan atau memperbanyak persediaan
dan penguasaan keterampilan dan proses kognitif siswa, membangkitkan gairah
pada siswa misalkan siswa merasakan jerih payah penyelidikannya, menemukan
keberhasilan dan kadang-kadang kegagalan, memberi kesempatan pada siswa untuk
bergerak maju sesuai dengan kemampuan, membantu memperkuat pribadi siswa dengan
bertambahnya kepercayaan pada
diri sendiri melalui proses-proses penemuan, siswa terlibat langsung
dalam belajar sehingga termotivasi untuk belajar, model ini berpusat pada
siswa, guru berperan sebagai fasilitator dan
moderatorBerdasarkan hasil penelitian (Rahmadani,dkk.2016),
yang telah dilakukan tentang pembelajaran
IPA dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya
di kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains
siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Hal ini dibuktikan dengan pengujian
hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel
yaitu 29,1274 > 1,683 artinya Ho ditolak sehingga diperoleh kesimpulan bahwa
penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya
mengalami peningkatan keterampilan proses sains siswa.Berdasarkan penelitian (Erlina,2011), Model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa
dituntut aktif untuk berpikir, menemukan masalah dengan penalaran, serta
membangun pengetahuan sendiri, dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing
siswa akan mendapatkan pengetahuan dengan caranya sendiri berdasarkan bimbingan
dari guru, sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa akan lebih tertanam di
pikiran dan akan lebih diingat oleh siswa. Melalui aktivitas-aktivitas ilmiah
tersebut akan memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk mencari dan
menemukan sendiri fakta, konsep, dan prinsip melalui pengalamannya secara
langsung sehingga proses pembelajaran menjadi lebih optimal. Model pembelajaran inkuiri terbimbing juga
menyediakan waktu bagi siswa untuk memperoleh pengalaman belajar langsung. Suryosubroto
(2002) menyatakan ada beberapa kelebihan pembelajaran inkuiri antara lain;
membantu siswa mengembangkan atau memperbanyak persediaan dan penguasaan
keterampilan dan proses kognitif siswa, membangkitkan gairah pada siswa misalkan
siswa merasakan jerih payah penyelidikannya, menemukan keberhasilan dan
kadang-kadang kegagalan, memberi kesempatan pada siswa untuk bergerak maju
sesuai dengan kemampuan, membantu memperkuat pribadi siswa dengan bertambahnya kepercayaan
pada diri sendiri melalui
proses-proses penemuan, siswa terlibat langsung dalam belajar sehingga
termotivasi untuk belajar, model ini berpusat pada siswa, guru berperan sebagai
fasilitator dan moderatorDAFTAR PUSTAKAErlina,s. 2011. Pengaruh
Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep
Listrik Magnet.Rahmadani,dkk.2016.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing. No.2. Vol.10.Suryosubroto. 2002. Proses
Belajar Mengajar Di Sekolah. Rineka Cipta, Jakarta.Link :http://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1468/1/101069-ERLINA%20SOFIANI-FITK.pdfhttps://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiY7--aqevXAhWKPI8KHcpnCNkQFgg1MAE&url=http%3A%2F%2Fwww.jurnal.unsyiah.ac.id%2FJPP%2Farticle%2Fdownload%2F5213%2F4371&usg=AOvVaw0kB09Km_iM1ttDU-WThMH_ x
x
x
x
x
Komentar
Posting Komentar