TM 2 SBM:PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING

Model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa dituntut aktif untuk berpikir, menemukan masalah dengan penalaran, serta membangun pengetahuan sendiri, dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa akan mendapatkan pengetahuan dengan caranya sendiri berdasarkan bimbingan dari guru, sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa akan lebih tertanam di pikiran dan akan lebih diingat oleh siswa. Melalui aktivitas-aktivitas ilmiah tersebut akan memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk mencari dan menemukan sendiri fakta, konsep, dan prinsip melalui pengalamannya secara langsung sehingga proses pembelajaran menjadi lebih optimal.  Model pembelajaran inkuiri terbimbing juga menyediakan waktu bagi siswa untuk memperoleh pengalaman belajar langsung.Suryosubroto (2002),  menyatakan ada beberapa kelebihan pembelajaran inkuiri antara lain; membantu siswa mengembangkan atau memperbanyak persediaan dan penguasaan keterampilan dan proses kognitif siswa, membangkitkan gairah pada siswa misalkan siswa merasakan jerih payah penyelidikannya, menemukan keberhasilan dan kadang-kadang kegagalan, memberi kesempatan pada siswa untuk bergerak maju sesuai dengan kemampuan, membantu memperkuat pribadi siswa dengan bertambahnya  kepercayaan  pada  diri sendiri melalui proses-proses penemuan, siswa terlibat langsung dalam belajar sehingga termotivasi untuk belajar, model ini berpusat pada siswa, guru berperan sebagai fasilitator dan  moderatorBerdasarkan hasil penelitian (Rahmadani,dkk.2016),  yang telah dilakukan tentang pembelajaran IPA dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 29,1274 > 1,683 artinya Ho ditolak sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya mengalami peningkatan keterampilan proses sains siswa.Berdasarkan penelitian  (Erlina,2011),  Model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa dituntut aktif untuk berpikir, menemukan masalah dengan penalaran, serta membangun pengetahuan sendiri, dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa akan mendapatkan pengetahuan dengan caranya sendiri berdasarkan bimbingan dari guru, sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa akan lebih tertanam di pikiran dan akan lebih diingat oleh siswa. Melalui aktivitas-aktivitas ilmiah tersebut akan memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk mencari dan menemukan sendiri fakta, konsep, dan prinsip melalui pengalamannya secara langsung sehingga proses pembelajaran menjadi lebih optimal.  Model pembelajaran inkuiri terbimbing juga menyediakan waktu bagi siswa untuk memperoleh pengalaman belajar langsung. Suryosubroto (2002) menyatakan ada beberapa kelebihan pembelajaran inkuiri antara lain; membantu siswa mengembangkan atau memperbanyak persediaan dan penguasaan keterampilan dan proses kognitif siswa, membangkitkan gairah pada siswa misalkan siswa merasakan jerih payah penyelidikannya, menemukan keberhasilan dan kadang-kadang kegagalan, memberi kesempatan pada siswa untuk bergerak maju sesuai dengan kemampuan, membantu memperkuat pribadi siswa dengan bertambahnya  kepercayaan  pada  diri sendiri melalui proses-proses penemuan, siswa terlibat langsung dalam belajar sehingga termotivasi untuk belajar, model ini berpusat pada siswa, guru berperan sebagai fasilitator dan  moderatorDAFTAR PUSTAKAErlina,s. 2011. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Listrik Magnet.Rahmadani,dkk.2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. No.2. Vol.10.Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Rineka Cipta, Jakarta.Link :http://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1468/1/101069-ERLINA%20SOFIANI-FITK.pdfhttps://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiY7--aqevXAhWKPI8KHcpnCNkQFgg1MAE&url=http%3A%2F%2Fwww.jurnal.unsyiah.ac.id%2FJPP%2Farticle%2Fdownload%2F5213%2F4371&usg=AOvVaw0kB09Km_iM1ttDU-WThMH_  x
x
x

Komentar

Postingan Populer