TM 3 RPP Fisika Kurikulum 2013 Model Discovery Learning


RPP Fisika Kurikulum 2013 Model Discovery Learning

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Sabang
Mata Pelajaran            : Fisika
Kelas/Semester            : X/2
Materi Pokok              : Elastisitas
Jumlah Pertemuan       : 4 Pertemuan


1.      A.      Kompetensi Inti
A.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

1.      B.       Kompetensi Dasar
1.1    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam  fisis dan pengukurannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.6  Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.
4.1    Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.6  Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan.

1.      C.      Pertemuan Pertama: Sifat-sifat Elastisitas Bahan
A.    I.              Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1        Menelaah besaran-besaran fisis yang terkait dengan elstisitas bahan.
3.6.2        Menyimpulkan definisi elastisitas bahan logam (benda padat)
3.6.3        Mengukur stress dan strain.
4.6.1   Mempresentasikan hasil kajian demonstrasi dan eksperimen tentang sifat-sifat elastisit as bahan.
4.6.2        Membuat laporan tertulis semua hasil kajian demonstrasi dan eksperimen tentang sifat-sifat elastisitas bahan.

1.      II.           Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan demonstrasi, eksperimen, dan diskusi diharapkan siswa dapat menganalisis sifat-sifat elastisitas bahan, melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat, mengolah dan menganalisis hasil percobaan sifat elastisitas bahan, menyadari kebesaran Allah SWT yang menciptakan dan mengatur jagat raya, serta menunjukkan prilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari.

1.      III.        Materi Pembelajaran
2.      Besaran-besaran Fisis pada Elastisitas Bahan
3.      Pengertian Elastisitas Bahan
4.      StressStrain, dan Modulus Elastis

1.      IV.        Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran (3 x 45 menit)
2.      V.           Metode Pembelajaran
3.      Model             : Discovery Learning
4.      Metode           : Demonstrasi, eksperimen, dan diskusi
5.      Pendekatan    : Scientific

1.      VI.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
A.    Media
Labtop, LCD, Whiteboard
1.      Alat dan Bahan
a)      Karet
b)      Pegas
c)      Plastik
d)     Lilin Plastisin
e)      Mistar
f)       Mikrometer Sekrup/ Jangka Sorong
g)      Beban 50 g, 100 g, dan 150 g
h)      Statip

1.      Sumber Pembelajaran
a)      Buku Fisika SMA Kelas X karangan Supiyanto.
b)      Buku Fisika SMA Kelas X karangan Marten Kanginan.
c)      LKS GLB

VII.Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
§  Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kemudian mengatur tempat duduk secara berkelompok.
§  Sebagai apersepsi, siswa diberi kesempatan untuk mengingat kembali konsep GMB.


Stimulasi
§  Guru memperlihatkan berbagai benda elastis dan plastis misalnya karet dan lilin plastisin, kemudian guru mengajukan pertanyaan:
ü  Diantara benda-benda tersebut benda mana yang termasuk benda plastis dan benda elastis?
ü  Bagaimana cara membedakan benda plastis dengan benda elastis?
§  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari sifat-sifat elastisitas bahan.

1.      Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah
§  Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen mengukur stress, strain, dan modulus elastis beberapa benda.


Observasi
§  Guru meminta siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengkaji LKS pengukuran stress, strain, dan modulus elastis beberapa benda yang harus diperoleh melalui percobaan.
Pengumpulan Data
§  Guru meminta siswa melakukan percobaan pengukuran stress, strain, dan modulus elastis beberapa benda.
§  Guru meminta siswa mengamati percobaan dan mencatat data pada kolom yang tersedia di LKS.
Pengolahan Data dan Analisis
§  Guru meminta siswa mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS.
Verifikasi
§  Guru meminta salah satu kelompok siswa mempresentasikan hasil percobaan.
§  Guru meminta siswa melakukan diskusi sifat-sifat elastisitas bahan berdasarkan hasil data percobaan.
Generalisasi
§  Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang sifat-sifat elastisitas bahan.

1.      Penutup
§  Guru mengajak siswa menyimpulkan hasil pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
§  Apa saja yang dapat kita simpulkan dari kegiatan pembelajaran yang telah kita lakukan?
§  Siswa mengerjakan beberapa soal uraian sebagai tes formatif.
§  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok siswa yang paling baik.










1.      VIII.       Penilaian
    1. Metode dan Bentuk Instrumen
No
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
2
Tes Unjuk Kerja
Tes Penilaian Kinerja Sifat Elastisitas Bahan
3
Tes Tertulis
Tes Uraian

1.      Contoh Instrumen
A.    Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar






Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
1.      menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2.      menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3.      tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
2
Ketelitian dan hati-hati
1.      mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2.      mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3.      mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur, tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab
1.      tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2.      berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3.      tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
1.      aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.      aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
3.      kurang aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

1.      Lembar Pengamatan Kinerja Eksperimen
No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik Penilaian
1
Merangkai peralatan
3
Rangkaian sesuai dengan gambar pada panduan
2
Rangkaian kurang sesuai dengan gambar pada panduan
1
Rangkaian tidak sesuai dengan gambar pada panduan
2
Menggantungi beban pada benda uji
3
Beban digantung secara benar dengan benda uji
2
Beban digantung kurang tepat dengan benda uji
1
Beban digantung tidak tepat dengan benda uji
3
Mengukur pertambahan panjang benda uji
3
Pengukuran dilakukan dengan sangat tepat
2
Pengukuran dilakukan dengan kurang tepat
1
Pengukuran dilakukan dengan tidak tepat

1.      Instrumen Tes Tertulis
Soal Uraian
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan elastisitas, stress, strain, dan modulus elastis?
2.      Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besar stress dan strain benda?
3.      Seutas kawat baja memiliki panjang 4 m dan luas penampang 2 x 10-6 m2. Modulus elastis baja 2 x 1011 N/m2. Sebuah gaya dikerjakan untuk menarik kawat itu sehingga bertambah panjang 0,3 m. Hitung gaya tarik itu..

Rubrik Penilaian Soal Uraian
No
Uraian
Skor
1
Jika jawaban benar dan lengkap
20
2
Jika jawaban benar dan lengkap
30
3
Jika jawaban benar dan lengkap
50
Total
100

D.      Pertemuan Kedua                          : Hukum Hooke

E.      Pertemuan Ketiga                           : Susunan Pegas


Komentar

Postingan Populer