TM 3 RPP Fisika Kurikulum 2013 Model Discovery Learning
RPP Fisika
Kurikulum 2013 Model Discovery Learning
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 2 Sabang
Mata Pelajaran
: Fisika
Kelas/Semester
: X/2
Materi
Pokok : Elastisitas
Jumlah
Pertemuan : 4 Pertemuan
1. A. Kompetensi
Inti
A.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
D.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
1. B. Kompetensi
Dasar
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui
pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.6 Menganalisis sifat
elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.
4.1 Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.6 Mengolah dan menganalisis
hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan.
1. C. Pertemuan
Pertama: Sifat-sifat Elastisitas Bahan
A. I. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.6.1
Menelaah besaran-besaran fisis yang terkait dengan elstisitas bahan.
3.6.2
Menyimpulkan definisi elastisitas bahan logam (benda padat)
3.6.3
Mengukur stress dan strain.
4.6.1 Mempresentasikan
hasil kajian demonstrasi dan eksperimen tentang sifat-sifat elastisit as bahan.
4.6.2
Membuat laporan tertulis semua hasil kajian demonstrasi dan eksperimen tentang
sifat-sifat elastisitas bahan.
1. II. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan demonstrasi,
eksperimen, dan diskusi diharapkan siswa dapat menganalisis sifat-sifat
elastisitas bahan, melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan
peralatan dan teknik yang tepat, mengolah dan menganalisis hasil percobaan sifat
elastisitas bahan, menyadari kebesaran Allah SWT yang menciptakan dan mengatur
jagat raya, serta menunjukkan prilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari.
1. III. Materi
Pembelajaran
2. Besaran-besaran Fisis pada
Elastisitas Bahan
3. Pengertian Elastisitas Bahan
4. Stress, Strain, dan Modulus
Elastis
1. IV. Alokasi
Waktu : 3 jam
pelajaran (3 x 45 menit)
2. V. Metode
Pembelajaran
3. Model
: Discovery Learning
4. Metode
: Demonstrasi, eksperimen, dan diskusi
5. Pendekatan : Scientific
1. VI. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
A.
Media
Labtop, LCD, Whiteboard
1. Alat dan Bahan
a)
Karet
b)
Pegas
c)
Plastik
d) Lilin
Plastisin
e)
Mistar
f)
Mikrometer Sekrup/ Jangka Sorong
g)
Beban 50 g, 100 g, dan 150 g
h)
Statip
1. Sumber Pembelajaran
a)
Buku Fisika SMA Kelas X karangan Supiyanto.
b)
Buku Fisika SMA Kelas X karangan Marten Kanginan.
c) LKS
GLB
VII.Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
§ Guru membuka pelajaran dengan
mengucapkan salam, berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kemudian mengatur tempat
duduk secara berkelompok.
§ Sebagai apersepsi, siswa diberi
kesempatan untuk mengingat kembali konsep GMB.
Stimulasi
§ Guru memperlihatkan berbagai benda
elastis dan plastis misalnya karet dan lilin plastisin, kemudian guru
mengajukan pertanyaan:
ü Diantara benda-benda
tersebut benda mana yang termasuk benda plastis dan benda elastis?
ü Bagaimana cara membedakan
benda plastis dengan benda elastis?
§ Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
mempelajari sifat-sifat elastisitas bahan.
1. Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah
§
Guru
menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen
mengukur stress, strain, dan modulus elastis beberapa
benda.
Observasi
§
Guru meminta
siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengkaji LKS pengukuran stress, strain, dan modulus elastis beberapa benda
yang harus diperoleh melalui percobaan.
Pengumpulan Data
§
Guru meminta
siswa melakukan percobaan pengukuran stress, strain, dan
modulus elastis beberapa benda.
§ Guru meminta siswa mengamati
percobaan dan mencatat data pada kolom yang tersedia di LKS.
Pengolahan Data dan Analisis
§ Guru meminta siswa mengolah dan
menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
pada LKS.
Verifikasi
§ Guru meminta salah satu kelompok
siswa mempresentasikan hasil percobaan.
§ Guru meminta siswa melakukan diskusi
sifat-sifat elastisitas bahan berdasarkan hasil data percobaan.
Generalisasi
§ Guru bersama siswa membuat
kesimpulan tentang sifat-sifat elastisitas bahan.
1. Penutup
§ Guru mengajak siswa menyimpulkan
hasil pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
§ Apa saja yang dapat kita simpulkan
dari kegiatan pembelajaran yang telah kita lakukan?
§ Siswa mengerjakan beberapa soal
uraian sebagai tes formatif.
§ Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok siswa yang paling baik.
1. VIII. Penilaian
- Metode dan Bentuk Instrumen
No
|
Bentuk Instrumen
|
|
1
|
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
2
|
Tes Unjuk
Kerja
|
Tes
Penilaian Kinerja Sifat Elastisitas Bahan
|
3
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
1. Contoh Instrumen
A.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin
tahu (curiosity)
|
||||
2
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan
|
||||
3
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
||||
4
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
1. menunjukkan rasa ingin tahu yang
besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2. menunjukkan rasa ingin tahu, namun
tidak terlalu antusias, baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika
disuruh
3. tidak menunjukkan antusias dalam
pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
2
|
Ketelitian
dan hati-hati
|
1. mengamati hasil percobaan sesuai
prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,
kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3. mengamati hasil percobaan tidak
sesuai prosedur, tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan
dan tanggung jawab
|
1. tekun dalam menyelesaikan tugas
dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2. berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3. tidak berupaya sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Berkomunikasi
|
1. aktif dalam tanya jawab, dapat
mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya jawab, tidak
ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
3. kurang aktif dalam tanya jawab,
tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
|
1. Lembar Pengamatan Kinerja Eksperimen
No
|
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik Penilaian
|
1
|
Merangkai
peralatan
|
3
|
Rangkaian
sesuai dengan gambar pada panduan
|
2
|
Rangkaian
kurang sesuai dengan gambar pada panduan
|
||
1
|
Rangkaian
tidak sesuai dengan gambar pada panduan
|
||
2
|
Menggantungi
beban pada benda uji
|
3
|
Beban
digantung secara benar dengan benda uji
|
2
|
Beban
digantung kurang tepat dengan benda uji
|
||
1
|
Beban
digantung tidak tepat dengan benda uji
|
||
3
|
Mengukur
pertambahan panjang benda uji
|
3
|
Pengukuran
dilakukan dengan sangat tepat
|
2
|
Pengukuran
dilakukan dengan kurang tepat
|
||
1
|
Pengukuran
dilakukan dengan tidak tepat
|
1. Instrumen Tes Tertulis
Soal Uraian
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
elastisitas, stress, strain, dan modulus
elastis?
2. Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi besar stress dan strain benda?
3. Seutas kawat baja memiliki panjang 4
m dan luas penampang 2 x 10-6 m2. Modulus elastis
baja 2 x 1011 N/m2. Sebuah gaya dikerjakan untuk
menarik kawat itu sehingga bertambah panjang 0,3 m. Hitung gaya tarik itu..
Rubrik Penilaian Soal Uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika
jawaban benar dan lengkap
|
20
|
2
|
Jika
jawaban benar dan lengkap
|
30
|
3
|
Jika
jawaban benar dan lengkap
|
50
|
Total
|
100
|
D. Pertemuan
Kedua
: Hukum Hooke
E. Pertemuan
Ketiga : Susunan
Pegas
Komentar
Posting Komentar