TT1 LAB : PERMENDIKNAS NO 24 TAHUN 2008
4.2
|
HCL
|
500cc/lab
|
36%.
|
4.3
|
Acetokarmin
|
10 gram/lab
|
Serbuk.
|
4.4
|
Eosin
|
25 gram/lab
|
Padat (kristal).
|
4.5
|
Etanol
|
2500 ml/lab
|
95%.
|
4.6
|
Glukosa
|
500 gram/lab
|
Padat (kristal).
|
4.7
|
Indikator universal
|
4 rol/lab
|
pH 1 – 11 .
|
4.8
|
Iodium
|
500 gram/lab
|
Padat (kristal).
|
4.9
|
KOH
|
500 gram/lab
|
Padat (kristal).
|
4.10
|
MnSO4
|
500 gram/lab
|
Padat (serbuk).
|
4.11
|
NaOH
|
500 gram/lab
|
Padat (kristal).
|
4.12
|
Vaseline
|
500 gram/lab
|
Pasta.
|
4.13
|
Kertas saring
|
6 pak/lab
|
Kualitas nomor 1. Diameter 90 mm.
|
5
|
Perlengkapan
Lain
|
||
5.1
|
Kotak kontak
|
9 buah/lab
|
1 buah di tiap meja siswa, 2 buah di meja demo, 2 buah di ruang
persiapan.
|
5.2
|
Alat pemadam
kebakaran
|
1 buah/lab
|
Mudah dioperasikan.
|
5.3
|
Peralatan P3K
|
1 buah/lab
|
Terdiri dari kotak
P3K dan isinya tidak kadaluarsa termasuk obat P3K untuk luka bakar dan luka
terbuka.
|
5.4
|
Tempat sampah
|
1 buah/lab
|
|
5.5
|
Jam dinding
|
1 buah/lab
|
4. Ruang Laboratorium Fisika
- Ruang laboratorium fisika berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran fisika secara praktik yang memerlukan peralatan khusus.
- Ruang laboratorium fisika dapat menampung minimum satu rombongan belajar.
- Rasio minimum ruang laboratorium fisika adalah 2,4 m2/siswa. Untuk rombongan belajar dengan siswa kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium adalah 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar ruang laboratorium fisika minimum adalah 5 m.
- Ruang laboratorium fisika memiliki fasilitas yang memungkinkan pencahayaan memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.
- Ruang laboratorium fisika dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 4.8.
Tabel 4.8 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium Fisika
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
||||
1
|
Perabot
|
||||||
1.1
|
Kursi
|
1 buah/siswa,
ditambah 1 buah/guru
|
Kuat, stabil, aman,
dan mudah dipindahkan.
|
||||
1.2
|
Meja kerja
|
1 buah/7 siswa
|
Kuat, stabil, dan aman. Ukuran memadai untuk
menampung kegiatan siswa secara berkelompok maksimum 7 orang.
|
||||
1.3
|
Meja demonstrasi
|
1 buah/lab
|
Kuat, stabil, dan aman. Luas meja
memungkinkan untuk melakukan demonstrasi dan menampung peralatan dan bahan
yang diperlukan. Tinggi meja memungkinkan
seluruh siswa dapat mengamati percobaan yang didemonstrasikan.
|
||||
1.4
|
Meja persiapan
|
1 buah/lab
|
Kuat, stabil, dan aman. Ukuran memadai untuk
menyiapkan materi percobaan.
|
||||
1.5
|
Lemari alat
|
1 buah/lab
|
Kuat,
stabil, dan aman. Tertutup dan dapat
dikunci. Ukuran memadai untuk menampung semua alat.
|
||||
1.6
|
Lemari bahan
|
1 buah/lab
|
Kuat,
stabil, dan aman. Tertutup dan dapat
dikunci. Ukuran memadai untuk menampung semua bahan dan tidak mudah berkarat.
|
||||
1.7
|
Bak cuci
|
1 buah/2 kelom-pok, ditambah 1 buah di ruang
persiapan.
|
Tersedia air bersih
dalam jumlah memadai.
|
||||
2
|
Peralatan
Pendidikan
|
||||||
2.1
|
Bahan dan Alat Ukur Dasar:
|
||||||
2.1.1
|
Mistar
|
6 buah/lab
|
Panjang minimum 50 cm, skala terkecil 1 mm.
|
||||
2.1.2
|
Rolmeter
|
6 buah/lab
|
Panjang minimum 10m, skala terkecil 1 mm.
|
||||
2.1.3
|
Jangka sorong
|
6 buah/lab
|
Ketelitian 0,1 mm.
|
||||
2.1.4
|
Mikrometer
|
6 buah/lab
|
Ketelitian 0,01 mm.
|
||||
2.1.5
|
Kubus massa sama
|
6 set/lab
|
Massa 100g (2%), 4
jenis bahan.
|
||||
2.1.6
|
Silinder massa sama
|
6 set/lab
|
Massa 100g (2%), 4
jenis bahan.
|
||||
2.1.7
|
Plat
|
6 set/lab
|
Terdapat kail penggantung, bahan logam 4 jenis.
|
||||
2.1.8
|
Beban bercelah
|
10 buah/lab
|
Massa antara 5-20 g, minimum 2 nilai massa, terdapat
fasilitas pengait.
|
||||
2.1.9
|
Neraca
|
1 buah/lab
|
Ketelitian 10 mg.
|
||||
2.1.10
|
Pegas
|
6 buah/lab
|
Bahan baja pegas,
minimum 3 jenis.
|
||||
2.1.11
|
Dinamometer (pegas
presisi)
|
6 buah/lab
|
Ketelitian 0,1 N/cm.
|
||||
2.1.12
|
Gelas ukur
|
6 buah/lab
|
Bahan borosilikat. Volume antara 100-1000 ml.
|
||||
2.1.13
|
Stopwatch
|
6 buah/lab
|
Ketelitian 0,2 detik.
|
||||
2.1.14
|
Termometer
|
6 buah/lab
|
Tersedia benang penggantung. Batas ukur 10-110°C.
|
||||
2.1.15
|
Gelas Beaker
|
6 buah/lab
|
Bahan borosilikat. Volume antara 100-1000 ml, terdapat
tiga variasi volume.
|
||||
2.1.16
|
Garputala
|
6 buah/lab
|
Bahan baja. Minimum 3 variasi frekuensi.
|
||||
2.1.17
|
Multimeter AC/DC 10
kilo ohm/volt
|
6 buah/lab
|
Dapat mengukur tegangan, arus dan hambatan. Batas ukur arus minimum 100 mA-5 A. Batas minimum
ukur tegangan untuk DC 100mV-50V. Batas minimum ukur tegangan
untuk AC 0-250 V.
|
||||
2.1.18
|
Kotak potensiometer
|
6 buah/lab
|
Disipasi maksimum 5 watt. Ukuran hambatan 50 Ohm.
|
||||
2.1.19
|
Osiloskop
|
1 set/lab
|
Batas ukur 20 MHz,
dua kanal, beroperasi X-Y, tegangan masukan 220 volt, dilengkapi probe
intensitas, tersedia buku petunjuk.
|
||||
2.1.20
|
Generator frekuensi
|
6 buah/lab
|
Frekuensi luaran dapat diatur dalam rentang audio. Minimum 4 jenis
bentuk gelombang dengan catu daya 220 volt. Mampu menggerakkan speaker daya
10 watt.
|
||||
2.1.21
|
Pengeras suara
|
6 buah/lab
|
Tegangan masukan 220
volt, daya maksimum keluaran 10 watt.
|
||||
2.1.22
|
Kabel penghubung
|
1 set/lab
|
Panjang minimum 50
cm, dilengkapi plug diameter 4 mm. Terdapat 3 jenis warna: hitam, merah dan
putih, masing-masing 12 buah.
|
||||
2.1.23
|
Komponen elektronika
|
1 set/lab
|
Hambatan tetap antara
1 Ohm - 1 M Ohm, disipasi 0,5 watt masing-masing 30 buah, mencakup LDR, NTC,
LED, tran-sistor dan lampu neon masing-masing minimum 3 macam.
|
||||
2.1.24
|
Catu daya
|
6 buah/lab
|
Tegangan masukan 220
V, dilengkapi pengaman, tegangan keluaran antara 3-12 V, minimum ada 3
variasi tegangan keluaran.
|
||||
2.1.25
|
Transformator
|
6 buah/lab
|
Teras inti dapat dibuka. Banyak lilitan antara
100-1000. Banyak lilitan minimum ada 2 nilai.
|
||||
2.1.26
|
Magnet U
|
6 buah/lab
|
|||||
2.2
|
Alat Percobaan:
|
||||||
2.2.1
|
Percobaan Atwood
|
6 set/lab
|
Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data GLB dan
GLBB. Minimum dengan 3 kombinasi nilai massa beban.
|
||||
atau Percobaan Kereta dan
Pewaktu ketik
|
6 set/lab
|
Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data GLB dan
GLBB. Lengkap dengan pita perekam.
|
|||||
2.2.2
|
Percobaan Papan
Luncur
|
6 set/lab
|
Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data gerak
benda pada bidang miring. Kemiringan papan dapat diubah, lengkap dengan
katrol dan balok. Minimum dengan tiga nilai koefisien gesekan.
|
||||
2.2.3
|
Percobaan Ayunan Sederhana
|
6 set/lab
|
Mampu menunjukkan
fenomena ayunan dan memberikan data pada pengukuran percepatan gravitasi.
Minimum dengan tiga nilai panjang ayunan dan tiga nilai massa beban.
|
||||
atau Percobaan Getaran pada
Pegas
|
6 set/lab
|
Mampu menunjukkan fenomena getaran dan memberikan data pada pengukuran
percepatan gravitasi. Minimum dengan tiga nilai konstanta pegas dan tiga
nilai massa beban.
|
|||||
2.2.4
|
Percobaan Hooke
|
6 set/lab
|
Mampu memberikan data
untuk membuktikan hukum Hooke dan menentukan minimum 3 nilai konstanta pegas.
|
||||
2.2.5
|
Percobaan Kalorimetri
|
6 set/lab
|
Mampu memberikan data
untuk membuktikan hukum kekekalan energi panas serta menentukan kapasitas
panas kalorimeter dan kalor jenis minimum tiga jenis logam. Lengkap dengan
pemanas, bejana dan kaki tiga, jaket isolator, pengaduk dan termometer.
|
||||
2.2.6
|
Percobaan Bejana
Berhubungan
|
6 set/lab
|
Mampu memberikan data untuk membuktikan hukum fluida
statik dan dinamik.
|
||||
2.2.7
|
Percobaan Optik
|
6 set/lab
|
Mampu menunjukkan
fenomena sifat bayangan dan memberikan data tentang keteraturan hubungan
antara jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus cermin cekung, cermin
cembung, lensa cekung, dan lensa cembung. Masing-masing minimum dengan tiga
nilai jarak fokus.
|
||||
2.2.8
|
Percobaan Resonansi Bunyi
atau
Percobaan Sonometer
|
6 set/lab
|
Mampu menunjukkan
fenomena resonansi dan memberikan data kuantisasi panjang gelombang, minimum
untuk tiga nilai frekuensi.
|
||||
6 set/lab
|
Mampu memberikan data
hubungan antara frekuensi bunyi suatu dawai dengan tegangannya, minimum untuk
tiga jenis dawai dan tiga nilai tegangan.
|
||||||
2.2.9
|
Percobaan Hukum Ohm
|
6 set/lab
|
Mampu memberikan data
keteraturan hubungan antara arus dan tegangan minimum untuk tiga nilai
hambatan.
|
||||
2.2.10
|
Manual percobaan
|
6 buah/ percobaan
|
|||||
3
|
Media Pendidikan
|
||||||
3.1
|
Papan tulis
|
1 buah/lab
|
Kuat, stabil, dan aman. Ukuran minimum 90 cm
x 200 cm. Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh siswa melihatnya
dengan jelas.
|
||||
4
|
Perlengkapan
Lain
|
||||||
4.1
|
Kotak kontak
|
9 buah/lab
|
1 buah di tiap meja siswa,
2 buah di meja demo, 2 buah di ruang persiapan.
|
||||
4.2
|
Alat pemadam kebakaran
|
1 buah/lab
|
Mudah dioperasikan.
|
||||
4.3
|
Peralatan P3K
|
1 buah/lab
|
Terdiri dari kotak P3K dan isinya tidak
kadaluarsa termasuk obat P3K untuk luka bakar dan luka terbuka.
|
||||
4.4
|
Tempat sampah
|
1 buah/lab
|
|||||
4.5
|
Jam dinding
|
1 buah/lab
|
|||||
5. Ruang Laboratorium Kimia
- Ruang laboratorium kimia berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran kimia secara praktik yang memerlukan peralatan khusus.
- Ruang laboratorium kimia dapat menampung minimum satu rombongan belajar.
- Rasio minimum ruang laboratorium kimia adalah 2,4 m2/siswa. Untuk rombongan belajar dengan siswa kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium adalah 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar ruang laboratorium kimia minimum adalah 5 m.
- Ruang laboratorium kimia memiliki fasilitas yang memungkinkan pencahayaan memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.
- Ruang laboratorium kimia dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 4.9.
Komentar
Posting Komentar